Kerjasama Surya University dan Pemkab Solok Selatan dalam Pengembangan Creative Tourism & Technopreneurship

Sebagai sebuah institusi pendidikan yang mempunyai visi mewujudkan Indonesia jaya, Surya University sebagai universitas berbasis riset pertama di Indonesia, menyusun langkah strategis untuk mendukung juga pengembangan creative tourism dan technopreneurship di daerah-daerah di Indonesia.

Hal itu diwujudkan dengan kesepakatan kerjasama Surya University dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat, melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan hari Jumat (05/12) di Auditorium Surya University. Bertindak sebagai penandatangan adalah Prof. Yohanes Surya, selaku pendiri sekaligus Rektor Surya University dan H. Muzni Zakaria M. Eng., selaku Bupati Solok Selatan.

Dengan tema “Diskusi Potensi Daerah dan Penandatanganan MoU Surya University-Pemkab Solok Selatan”, turut hadir pula pejabat di lingkungan Pemkab Solok Selatan, yakni Akhirman, SE selaku Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Eko selaku Kepala Sub Bagian Kerjasama dan Dr. Syamsudin Rizaldi selaku Kepala Bappeda.

Tugas kita di universitas adalah untuk membantu pembangunan daerah-daerah di Indonesia dengan kapasitas ilmu pengetahuan yang kita miliki. Karena Surya University merupakan kampus berbasis riset maka hasil riset tersebut, baik dari dosen, peneliti maupun mahasiswa, bisa digunakan untuk pembangunan daerah-daerah di Indonesia tersebut”, ungkap Prof. Yohanes Surya dalam sambutannya.

Dalam rangka mendukung pengembangan di bidang creative tourism di Solok Selatan, Surya University akan melakukan perancangan dan pemodelan creative tourism dengan optimalisasi pemanfaatan potensi daerah.  Potensi daerah yang ingin ditonjolkan adalah alamnya yang indah, hasil tambang emas dan bijih besi yang melimpah, hasil perkebunan, hasil kerajinan maupun produk kesenian dan sebagainya.

Surya University termasuk satu dari sepuluh lembaga yang kami ajak kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam bidang creative tourism dan technopreneurship. Kami menyambut baik kerjasama ini”, ungkap H. Muzni Zakaria, M.Eng. dalam paparannya.

Untuk pengembangan di bidang technopreneurship (kewirausahaan) berbasis teknologi, Surya University akan membantu sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Solok Selatan dalam melakukan re-engineering terhadap kurikulum yang ada agar kualitas pengajaran di SMK yang ada di Solok Selatan lebih optimal dan selaras dengan kebutuhan industri.

Surya University juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kabupaten Solok Selatan melalui pelatihan-pelatihan intensif dan program professional development yang diberikan kepada sumber daya manusia dari Kabupaten Solok Selatan yang dikirim ke Surya University.

Surya University juga membuka kesempatan bagi pemuda/i dari Kabupaten Solok Selatan untuk menempuh pendidikan S1 di kampus Surya University, salah satunya adalah Program S1 untuk bidang Technopreneurship, dimana mahasiswa dididik untuk menjadi wirausahawan handal yang mampu membangun dan membesarkan start-up company yang berbasiskan teknologi.

Dr. Martin Tjahjono selaku kepala Program Studi Technopreneurship Surya University juga mengungkapkan bahwa Program Studi Technopreneurship Surya University membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi putra/i daerah yang berprestasi yang berminat untuk belajar menjadi technopreneur handal, yang suatu saat akan berkontribusi bagi daerah asal masing-masing dan kejayaan Indonesia. (Dessy Aliandrina)

Leave a Reply