Ketika Semua Berdasarkan Asumsi…

Bolehkah kita berasumsi ? Tentu boleh. Semua orang berhak untuk memilih asumsi, sesuai dengan apa yang ada dalam pandangannya. Tapi yang jadi masalah adalah, apabila asumsi yang digunakan dalam pemikirannya adalah asumsi yang tidak tepat, bahkan dapat dibilang salah.

Kenapa asumsi tersebut bisa salah ? Karena dibuat atas dasar yang tidak tepat. Karena berdasarkan data yang juga dibuat berdasarkan asumsi. Asumsi tersebut tidak bisa berjalan, karena tidah berdasarkan pengamatan dan data yang tepat. Dan yang paling parah, didasarkan pada dasar pemikiran, bahwa semua orang memiliki pandangan yang sama terhadap dirinya.

Asumsi di lapangan tidak semudah, membuat asumsi dalam sebuah ilmu pasti. Menurut saya loh ya, mohon maaf kalau, pendapat saya tidak tepat. Kenapa tidak mudah ? Karena kita berhubungan dengan yang namanya Manusia. Manusia bukanlah sebuah “Barang”. Setiap manusia memiliki pemikiran dan sikap yang berbeda-beda. Ada 10 manusia, bukanlah berarti akan ada 10 masalah, tapi bisa jadi tidak sampai 10 masalah, bahkan bisa jadi akan ada berpuluh-puluh, hingga beratus-ratus masalah.

Itulah yang harus dipikiran. Jangan membuat asumsi berdasarkan apa yang menjadi pemikiran kita. Tapi pikirlah berdasarlah proses dan kondisi yang terjadi di lapangan. Kondisi di lapangan tidaklah sama dengan kondisi yang ada dalam sebuah “Buku”.

Setiap manusia adalah “Unik” dan jangan samakan mereka dengan apa yang ada di pikiran kita.

Tags:

Have your say