Zero Moment Of Truth (ZMOT)

Apa yang akan kita lakukan ketika kita hendak membeli sebuah produk baru ? Apakah kita percaya dengan iklan yang bertebaran dimana mana ? Ingat, hampir semua iklan yang ada, mengatakan bahwa produknya adalah yang terbaik. So, jika semua mengatakan bahwa produknya adalah yang terbaik, bagaimana kita memilihnya ?

Ketika kita melihat sebuah iklan ataupun deretan barang yang ada di toko, selama beberapa saat, kita pasti berpikir sejenak. Ada stimulus dalam otak yang menimbang-nimbang, apakah kita perlu membeli barang tersebut atau tidak. Lalu, apakah kita akan langsung membelinya ?

Seorang digital native biasanya akan melakukan sedikit riset ke beberapa sumber terpercaya. Mereka bertanya kepada rekan yang pernah membeli sebelumnya, melihat komentar dari para blogger, mencari review dari beberapa majalah terkemuka, mencari toko yang terpecaya dengan penawaran terbaik dan sebagainya.

ZMOT adalah momen yang paling penting saat sesorang melakukan riset online mengenai produk/bisnis kita ke beberapa sumber terpercaya. Kemunculan produk/bisnis anda sangatlah penting. Sekarang, konsumen sudah semakin cerdas dan perkembangan teknologi, terutama internet, sangat mendukung mereka dalam melakukan analisa lebih dalam ketika membutuhkan sesuatu (misalnya membeli). ZMOT memiliki peranan yang krusial. Hal ini dikarenakan ulasan dan komentar konsumen di media sosial, blog, forum maupun situs web lainnya akan mempengaruhi pengambilan keputusan akan membeli produk kita atau tidak.

Tentunya, jika brand produk/bisnis kita ada di mana-mana ketika seorang konsumen membutuhkan informasi tersebut, akan memudahkan kita dalam melakukan strategi penjualannya. Singkatnya, ketika seseorang mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari, pastikan informasi mengenai brand produk/bisnis ada di halaman depan hasil pencarian. Dan informasi yang tampil, sifatnya adalah positif, bukan berita negative ataupun adanya keluhan pelanggan yang akan membuat konsumen potensial mengurungkan niatnya bagi kita.

Bagaimana caranya ?

Kita dapat melakukan Search Engine Marketing (SEM), yang merupakan bentuk dari pemasaran di internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan penampakan di halaman hasil mesin pencari melalui teknik optimasi maupun iklan. Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu teknik optimasi dalam rangka mencapai hasil SEM yang diinginkan.

Misalnya saja, ketika kita mengetik “handphone canggih” di salah satu mesin pencari, maka akan muncul beberapa pilihan di situs web halaman pertama. Brand dengan SEO yang baik akan mengisi halaman pertama tersebut, mulai dari baris pertama hingga seterusnya. Mereka tidak membayar apa pun kepada pihak mesin pencari. Situs web mereka dapat muncul secara alami ketika kata kunci yang dicari paling banyak ditemukan di dalam situs web mereka. Sehingga memudahkan konsumen dalam menentukan pilihannya dan mengambil keputusan.

*Referensi : WWW<HM – Defining Your Digital Strategy by Tuhu Nugraha (2014)

Leave a Reply